Selasa, 12 Oktober 2010

Memperbaiki Grub yang tertimpa Windows

Kasus ini sering terjadi jika main instal aja windowsnya sehingga LINUX-nya jadi error. begitu booting GRUB-nya error. lieurnya....?
ternyata tidak "Lieur" mudah linuxnya ada lagi. begini caranya... AWAS!!! perhatikan cara mengetik perintahnya...perhatikan spasi dan tanda slash (/) ketik ikuti petunjuk ane.... ok. ingat password linux jika ditanya dan penting jangan lupa "Basmallah" dulu biar jadi amal ibadah.

1. booting komputer pake livecd.
2. buka terminal
3. cari alamat LINUX-nya dengan perintah
    $ sudo fdisk -l
    akan muncul alamat .... misalnya "sda3"
4. buat direktori khusus :
    $ sudo mkdir /media/root
5. aktifkan alamat linux :
    $ sudo mount /dev/sda3 /media/root
6. coba lihat difolder tadi :
    $ ls /media/root
7. instal ulang grubnya :
    $ sudo grub-install --root-directory=/media/root /dev/sda
8. beres sudah memperbaikinya, cek dengan restart.


semoga anak-anakku tidak bingung lagi. silahkan praktekkan, semoga berhasil.
kalau berhasil ucapkan "Hamdallah"

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum,
    Pak Ini Farid kelas XI - TKJ 3. Saya mau Curhat pak ^_^
    Kan saya Install OS Windows Seven di PC Saya (Partisi 'C') , lalu installkan software" multimedia lain .

    Tapi saya ingin 2 OS,..
    Saya Coba Install OS Widows XP (di partisi 'C' juga) tanpa di Format partisi 'C' nya, dan Berhasil.
    Tapi saat Booting tidak ada tampilan untuk Memilih OS, yang ada malah otomatis jadi Windows XP.
    Tapi saat dilihat di 'C', ada Folder 'Windows', dan Folder 'Windows.0' .
    dan saat dilihat, Installan OS Win. 7, dan software" lainnya nya masih ada.
    Itu kenapa ya Pak ??
    Bisa diperbaiki ?
    Terimakasih...
    Wassalamu'alaikum..

    BalasHapus