Minggu, 08 Agustus 2010

VGA

Pada sebuah PC untuk urusan grafis terdapat 3 komponen yang sangat berperan penting, yaitu : prosesor, memori dan VGA. Hal-hal yang berhubungan dengan VGA adalah :
  1. API (Application Programming Interface) yaitu sebuah gabungan perintah dan urutan instruksi yang bisa digunakan pengembang software untuk mendesain games atau aplikasi lain. API dibuat standar agar pengembang tidak harus membuat spesifikasi aplikasi yang dibuat berdasarkan arsitektur hardware tertentu.
  2. Core Clock yaitu Nilai frekuensi yang dimiliki chip grafis pada video card. Biasanya semakin besar nilai frekuensi maka kinerjanya semakin tinggi. Nilai frekuensi (Hertz).
  3. Memory Clock yaitu sama seperti Core clock berfungsi untuk menunjukkan kecepatan kerja pada chip memory.
  4. Direct3D yaitu Salah satu fungsi API pada Microsoft DirectX yang digunakan untuk kontrol rendering grafis 3D (3 dimensi).
  5. D-Sub yaitu Standart Output port yang dipakai dari video card ke monitor dengan menggunakan koneksi 15 pin.
  6. DVI-I yaitu salah satu variant DVI yang dapat dilalui sinyal analog maupun digital. DVI ini biasa digunakan pada monitor LCD karena efektivitasnya untuk mengurangi noise video saat dilakukan konversi.
  7. GPU (Grafik Processing Unit) yaitu procesor yang digunakan pada video card dalam memproses gambar.
  8. HDR (High Dynamic Range) yaitu prosedur rendering pencahayaan yang didisain untuk mengemulasi bagaimana level cahaya di dunia nyata bervariasi untuk range yang sangat besar. Hal ini biasanya didapatkan dengan menggunakan data floating-point untuk tekstur dan target yang akan dirender, termasuk juga penggunaan algoritma pencahayaan yang sesuai. Meski menawarkan efek visual yang lebih menarik, namun mengaktifkan efek ini meiliki performance bit yang cukup besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar